Sabtu, 17 Desember 2011

Bagaimana Handling Pick Up Error Pada Chip Inducktor..?


artikel kali ini akan coba saya bahas mengenai bagaimana menangani tingginya pick up error pada component Inductor [2LCXXX], karena dari sekian banyak komponen yang dipasang part inilah yang menyumbangkan pick up error terbesar.
sebagai tekhnisi mestinya point kontrol pada mesin SMT yang utama adalah berapa error rate nya dibanding dengan target yang telah ditetapkan , ayooo coba tengok line nya masing masing berapa error rate nya 0.05 , 0.08 , 0.010 ,0.20 atau bahkan lebih...

error rate semakin kecil berarti semakin baik karena semakin kecil error rate berarti semakin kecil pula loss component nya , dan secara langsung akan berefek pada cycle time/board mesin tersebut
Error rate merupakan gabungan dari pick up error dan vision error , jadi tidak semata mata dari pick up error, meski aktualnya pick up error lebih besar dari vision error.
berikut beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk meminimalis pick up error pada part inductor size 1005 :
1.pastikan nozzle dalam keadaan bersih dan vacuum level normal baik pick vacuum maupun mount vacuum.
2.pastikan pick up position dalam keadaan center. 
pick up relative yang diijinkan adalah +- 0.25 untuk chip size 1005
3.pick height max 0.0 dan lebih baik -0.2 karena packaging  komponen inductor pada paper
4.[parameter pick]rubah pick angle dari 0 menjadi 90 derajat.
5.[parameter vision]rubah datum angle dari normal menjadi 270 derajat
6.[mount] rubah R axis dari current menjadi current + 90 derajat. misal sebelumnya R axis mounting 0 derajat maka setelah kita rubah pick angle maka R axis mount harus dirubah dari 0 menjadi 90 derajat.
langkah ini terbuksi manjur dan tokcer untuk meredam pick up error , meskipun susah untuk di jelaskan secara teoritis kenapa dengan perubahan ini pick up error pada part inductor bisa turun drastis , cz dengan perubahan ini vacuum level tidak berubah , mungkin karena dengan perubahan ini membuat pick up component menjadi sendiri sehingga hasilnya benar benar center tidak dipengaruhi oleh component lain..
selamat mencoba...
 cut .

Tidak ada komentar: